3 Februari 2012

[INFO ARTIS] LEE YO WON - AKTRIS BERBAKAT YANG CINTA KELUARGA

Image

Sejak awal kemunculannya di dunia akting, Lee Yo Won mampu membuktikan pada banyak orang tentang kualitas aktingnya. Tak heran jika dia berhasil memenangkan banyak penghargaan. Bahkan setelah menikah di usia yang relatif muda, kariernya tidak merosot sedikit pun, justru semakin melejit. Borong Banyak PenghargaanLee Yo Won lahir pada 4 April 1980 di kota Seongnam, provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Tahun 1997, saat duduk di bangku SMA, dia mengikuti kontes modeling dan keluar sebagai pemenang. Kontes ini lah yang membukakan pintu untuknya di dunia hiburan. Setelah mengikuti kontes tersebut, dia akhirnya berkesempatan debut sebagai model di majalah fashion Figaro edisi November. Sejak itu, wajah Yo Won mulai dikenal publik. Tahun berikutnya (1998), dia memulai debut aktingnya dalam film Scent of a Man. Sebagai pendatang baru dan baru pertama kali syuting film, Yo Won kerap kali menangis selama syuting, karena dia merasa semua staf hanya memuji akting aktor lain yang lebih senior. Kemudian beberapa staf yang melihat Yo Won menangis mengatakan kalau dia pasti bisa melakukan adegan menangis dengan baik. Itu pertama kalinya dia mendapat pujian untuk aktingnya. 

Dengan membangun rasa percaya diri, dan mendapat perhatian dari kru produksi, Yo Won akhirnya memutuskan untuk menekuni karier aktingnya dengan serius. Setelah mendapatkan rasa percaya diri, Yo Won kembali bermain dalam film Attack the Gas Station sebagai petugas pom bensin. Film ini ternyata cukup populer dan berhasil menjual 2,4 juta tiket selama penayangannya di bioskop. Berkat popularitas film ini, sebagai imbasnya, nama Yo Won mulai dikenal publik. Tahun 2001, Yo Won membuktikan kualitas aktingnya dalam serial Blue Mist (Pureun Angae). 

Di serial produksi KBS ini dia pertama kali mendapatkan peran utama dan tanpa disangka serial ini langsung meraih popularitas yang luar biasa. Lewat Blue Mist, Yo Won bahkan sukses menyabet penghargaan pertamanya di dunia akting. Tidak tanggung-tanggung, alih-alih mendapatkan penghargaan sebagai pendatang baru, dia langsung meraih penghargaan Popularitas (Popularity Award) di 2001 KBS Drama Awards. Masih di tahun yang sama, Yo Won kembali berakting sebagai salah satu pemeran utama di film indie yang menuai pujian, Take Care of My Cat. Film ini disutradarai oleh sutradara wanita Jung Jae Eun dan terpilih sebagai salah satu film terbaik dari lima film tahun 2001 oleh sebuah majalah Cine Soeul. Yo Won juga diwawancara majalah fashion Elle Korea untuk aktingnya yang gemilang di film tersebut. 

Kesuksesan Take Care of My Cat telah membawa Yo Won memenangkan tiga penghargaan Artis Pendatang Baru Terbaik di 22nd Blue Dragon Awards, 9th Spring History Film Festival, dan 37th Baeksang Arts Awards di tahun 2001. Tahun 2002, Yo Won menjajal serial saeguk untuk pertama kalinya dengan membintangi Daemang (The Great Ambition). Lagi-lagi, aktingnya di serial ini berbuah penghargaan Artis Pendatang Baru Terbaik di 2002 SBS Drama Awards. Setelah memutuskan menikah dan memiliki anak, Yo Won kembali berakting dengan membintangi serial Fashion 70’s di tahun 2005 yang juga cukup populer saat itu. Lewat serial ini, dia berhasil membawa pulang penghargaan Top Ten Stars dan Excellence Award, Special Planning Drama di 2005 SBS Drama Awards.Tahun 2007, Yo Won semakin mengokohkan kariernya di dunia hiburan Korea lewat serial Surgeon Bong Dal Hee. Serial bertema medis ini berhasil memberinya lima penghargaan di 2005 SBS Drama Awards, yaitu Top Ten Stars Award, Netizens’ Choice Award, Popularity Award, Top Excellence Award – Actress, dan Pasangan Terbaik (dengan Lee Bum Soo). Di tahun yang sama dia juga membintangi serial Bad Love bersama Kwon Sang Woo dan Kim Sung Soo.

Image

Makin Populer Lewat Peran Saeguk

Dua tahun kemudian (2009), nama Yo Won semakin melambung setelah memerankan serial saeguk sukses berjudul Queen Seon Deok. Perannya sebagai Ratu Seon Deok berhasil memikat hati pemirsa dan para penggemarnya. Serial yang tak hanya terkenal di Korea ini memberikan Yo Won penghargaan untuk kesekian kalinya. Total ada tiga penghargaan yang berhasil diraihnya, yaitu Top Excellence Award – Actress dan Pasangan Terbaik (dengan Kim Nam Gil) di 2009 MBC Drama Awards, serta Aktris Terbaik di 2009 Grime Awards. Bahkan di Indonesia, Queen Seon Deok juga sangat populer dan Yo Won terpilih sebagai Aktris Favorit di 2010 Indosiar Mania Awards. Yo Won pun mulai dikenal sebagai bintang drama saeguk andalan Korea.Tahun 2011, akting Yo Won kembali menawan banyak orang lewat serial 49 Days. Di serial ini dia memainkan dua karakter dengan sifatnya sedikit bertentangan, yang tentunya tidak mudah dilakukan oleh kebanyakan aktris. Dia memerankan Song Yi Kyung yang terpuruk dalam hidupnya, dan si ceria Shin Ji Hyun. Meski tidak meraih penghargaan khusus lewat serial ini, nama Yo Won langsung melejit hampir di seluruh wilayah Asia dan terpilih sebagai 10 Artis Top tahun 2011 di 2011 SBS Drama Awards. Tahun 2012, Yo Won akan membintangi sebuah film baru berjudul The Devotion of Suspect Xi. Di film ini dia berperan sebagai Suk Go.Kehebatannya di dunia hiburan Korea tak hanya ditunjukkan lewat akting. Karier Yo Won sebagai model juga menuai banyak pujian. Tahun 2009, dia bahkan berhasil memperoleh penghargaan fotogenik (Photogenic Award) di 10th Korean Media Ceremony.

Image

Menikah Muda

Berbeda dari aktris muda lainnya, yang memilih mengejar karier dibanding berkeluarga, Yo Won mengejutkan para penggemarnya dengan menikah di usia 22 tahun pada tahun 2003. Saat itu, dia menuai banyak kritik dari banyak orang. Pasalnya, di tahun itu Yo Won baru saja meraih popularitas tinggi di dunia akting. Dengan memutuskan untuk menikah, banyak yang khawatir kariernya akan langsung anjlok. Tanpa mempedulikan komentar dan pandangan orang lain, Yo Won terus memantapkan dirinya untuk menuju ke pelaminan. Akhirnya, menjelang akhir Januari 2003, aktris cantik ini resmi dinikahi oleh seorang pegolf profesional dan pengusaha sukses bernama Park Jin Woo. Setelah menikah, Yo Won memilih vakum sementara di dunia akting dengan mengikuti suaminya pindah ke Amerika untuk melanjutkan kuliah. Kepergian Yo Won, semakin membuat penggemar khawatir akan kelanjutan kariernya sebagai aktris. Walau demikian, dia terus menjalani harinya dengan penuh kebahagiaan. Tahun 2004, Yo Won dan suaminya dikaruniai seorang anak pertama yang membuat kehidupannya menjadi semakin berwarna. Putri pertamanya itu diberi nama Park E Rin. Karena tidak banyak aktris baru yang berani mengambil keputusan seperti ini, akhirnya sebuah program televisi mencoba mewawancarai Yo Won tentang keputusannya tersebut. Menurut Yo Won, dia memutuskan menikah muda karena saat itu dia merasa lelah berakting dan menghadapi banyak tuntutan dalam kariernya. Siapa sangka, setelah kembali ke dunia akting, keputusannya untuk menikah tidak membuat popularitas Yo Won surut, tapi justru semakin meningkat pesat. Hal ini menunjukkan kalau Yo Won memang aktris yang berbakat.

Image

Lulus Dengan Penuh Perjuangan

Kesibukannya sebagai seorang aktris membuat kehidupan akademisnya terbengkalai. Jadwal syuting yang padat membuatnya harus meninggalkan beberapa pelajaran saat kuliah. Yo Won telah terdaftar sebagai mahasiswi di Dankook University jurusan teater dan film sejak tahun 1999 silam. Dengan penuh perjuangan demi mendapatkan gelar sarjana, selama 9 tahun lamanya, dia akhirnya bisa lulus dari almamaternya itu pada tahun 2008. Selain karena jadwal yang padat, kelulusannya yang tertunda ini juga karena Yo Won menikah dan meninggalkan bangku sekolahnya di Korea selama dua tahun dan tinggal di luar negeri. Setelah kembali ke kampung halamannya, barulah Yo Won dapat memfokuskan diri mengejar gelar sarjananya. Kelulusan Yo Won digelar di kampus Jookchun yang terletak di Dankook University pada 15 Februari 2008.

Image

Kehidupan Keluarga Terekspos Media

Setelah sembilan tahun menikah, untuk pertama kalinya kehidupan keluarga Yo Won terekspos media. Meski sebelumnya sempat beredar foto kedua pasangan ini dengan putri tercinta mereka saat masih kecil, tapi tak banyak yang mengetahui bagaimana mereka menjalani kehidupan berumah tangga. Dalam sebuah wawancara, Yo Won hanya mengatakan kehidupan rumah tangga seorang selebriti pasti banyak disorot dan diterpa isu-isu yang tidak benar. Saat itu, dia hanya meminta pada wartawan untuk menghapus semua rumor tidak benar seputar kehidupan keluarganya. Bulan Agustus lalu, Yo Won, suami dan putrinya tertangkap kamera di bandara setelah melakukan perjalanan liburan mereka. Mereka baru saja pulang dari luar negeri untuk berlibur. Kehidupan romantis rumah tangga mereka terlihat jelas. Yo Won dapat memposisikan dirinya sebagai seorang istri dan ibu yang baik untuk putrinya. Dengan pakaian santai, keluarga ini menuai banyak pujian dari para fans. Saat mereka keluar dari gate kedatangan, fans mulai berteriak menyambut mereka. Dengan jiwa keibuannya, Yo Won menjaga sang anak sambil terus memegangi tangan putrinya hingga masuk ke dalam mobil.

Suka Melodrama Dan Musikal

Yo Won yang dapat membuat orang ikut menangis karena perannya, ternyata juga memiliki sifat sensitif terhadap melodrama. Aktris kelahiran 9 April 1980 ini mengaku dirinya sangat suka menonton drama sedih di televisi maupun drama musikal. Walau demikian dia jarang meneteskan air mata. Saat menghadiri sebuah pertunjukan musikal, Yo Won memuji drama musikal Tears of Heaven yang dibintangi oleh Xiah Jun Su (JYJ). “Saya sangat suka melodrama dan drama musical. Tears of Heaven adalah salah satu musikal yang saya tahu dan sangat ingin menontonnya. Jadi saya mengambil waktu dari semua jadwal kegiatanku untuk datang dan menonton musikal itu. Drama musikal ini sangat menyentuh dan membuatku menangis,” ungkapnya setelah keluar dari teater. “Ini pertama kalinya saya menangis saat menonton drama musikal. Cinta abadi antara dua orang kekasih sangat sedih dan menyentuh. Saya sangat suka akting dan nyanyian para pemainnya sangat membantu penonton mendalami ceritanya. Di musikal ini, karakter Jun Su sangat kharismatik, ini membuatku ingin berkencan lagi,” tambahnya sambil tertawa.

Credit: Asiangrup.com
Via: KBPKfamily
post: Yuna@KBPKfamily
Re-Share: KPOPFANSCLUB|| HanHyuNa@KFC
TAKE OUT WITH FULL CREDITS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...