15 Desember 2011

SURVIVAL AUDITION K-POP STAR – AJANG PENCARIAN BAKAT TIGA AGENSI RAKSASA KOREA


Demi mencari idola baru di blantika musik, tiga agensi raksasa Korea, YG Entertainment, JYP Entertainment, dan SM Entertainment menggelar audisi besar-besaran di Korea dan beberapa negara lain. Dengan menggandeng SBS, mereka memproduksi acara baru bertitel Survival Audition K-Pop Star.



BoA, Yang Hyun Suk, Park Jin Young Jadi Juri
Sebagai ajang audisi terbesar di dunia musik Korea, SBS Survival Audition K-Pop Star akhirnya memperkenalkan para juri acara ini pada 7 November lalu. Sebagai perwakilan tiga agensi raksasa dalam industri hiburan Korea (YG Entertainment, JYP Entertainment, dan SM Entertainment), Yang Hyun Suk, Park Jin Young, dan BoA resmi bertugas sebagai juri. Bahkan, BoA dan Jin Young sudah merampungkan proses audisi di luar negeri. Jika BoA sudah bertolak ke Los Angeles, petinggi JYP Entertainment tersebut sudah meramaikan audisi di New York. Setelah merampungkan audisi di luar negeri, Hyun Suk, Jin Young, dan BoA akhirnya tampil bersama sebagai juri Survival Audition K-Pop Star. Selama berkumpul, mereka membicarakan berbagai kejadian menarik saat audisi. “Juri Yang Hyun Suk, Park Jin Young, dan BoA menilai para kontestan secara jujur dan adil. Selama mencari kekuatan, mereka juga tidak takut mengkritik kekurangan para kontestan. Ada banyak kontestan berkualitas.
Jadi, kompetisi ini sangat ketat dan kami merasa ini akan menjadi audisi besar untuk mencari bintang K-Pop terbaik. Kami harap kalian akan menantikan acara ini, yang akan dimulai pada Desember nanti,” terang tim produksi Survival Audition K-Pop Star. Selain menggandeng Hyuk Suk, Jin Young, dan BoA sebagai juri, kontestan asal luar negeri juga menjadi daya tarik utama Survival Audition K-Pop Star. Secara tidak langsung, acara ini seolah ingin membuktikan demam Hallyu wave di seluruh dunia. Sementara itu, pemenang Survival Audition K-Pop Star berhak mendapatkan hadiah sebesar US$ 300.000 (Rp 2,7 miliar) dan kesempatan memproduksi album bersama agensi pilihan mereka. Tak hanya itu, mereka juga bisa menandatangani kontrak iklan dan membawa pulang mobil pribadi. Sesuai rencana, episode perdana Survival Audition K-Pop Star sudah ditayangkan SBS mulai 4 Desember lalu.



Beda dengan Kontes Lain
Bertempat di gedung SBS di Seoul, Hyun Suk, Jin Young, dan BoA menghadiri konferensi pers Survival Audition K-Pop Star pada 25 November lalu. Dalam acara ini, mereka mengungkapkan beberapa pengalaman menarik selama proses audisi. Saat ditanya apakah ada kontestan yang bisa membuatnya terkesan, BoA menjawab dengan antusias. “Sejujurnya, ada banyak. Ada dua kontestan yang saya ingat. Salah satunya cacat secara fisik dan dia kesulitan menari, tapi usahanya membuatku menitikkan air mata,” terangnya. “Saat kami membimbing para kontestan, saya memberikan beberapa nasehat pada salah satu kontestan dan pada keesokan harinya, kemampuan vokalnya meningkat hingga tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Hal itu membuat para produser senang, karena momen seperti ini membuat mereka bisa menggali bakat terpendam masing-masing. Meski saya adalah seorang penyanyi, untuk beberapa saat, saya bisa merasakan kebahagiaan yang dirasakan pihak produser,” tambah BoA. Sebagai salah satu juri, Hyun Suk menaruh harapan besar pada Survival Audition K-Pop Star. “Para kontestan yang bisa menjuarai kontes menyanyi lain langsung gugur. Selain itu, kami juga menolak para kontestan yang kami rasa tidak bisa maju hingga babak final. Saya pikir, visi kami sangat berbeda dengan pemikiran publik. (Para kontestan final) tidak seperti mantan kontestan Superstar K, Kang Seung Yoon dan Kim Eun Bi yang sudah bergabung dengan agensi kami tahun lalu,” jelasnya. “Saya pikir, penjelasan mengenai perbedaan visi kami merupakan salah satu elemen menyenangkan dalam acara ini. Sejujurnya, kami sudah memilih kontestan yang sudah tereliminasi dari putaran awal Superstar K3,” lanjut Hyun Suk.



Park Jin Young Tak Tertarik dengan Alumni Kontes Menyanyi
Berbeda dengan Hyun Suk, Jin Young mengaku tidak terlalu terkesan dengan para peserta kontes menyanyi lain. “Saya tidak menyukai para kontestan dari audisi lain. Hingga kini, JYP Entertainment tidak pernah mengontrak mantan kontestan atau pemenang audisi lain, karena mereka bukan yang kami inginkan. Para pemenang kontes ingin bergabung dengan perusahaan kami, tapi kami tidak menginginkan mereka. Jadi, kami tidak menandatangani kontrak. Namun untuk Survival Audition K-Pop Star, kami bahkan belum mencapai babak final dan kami sudah tertarik untuk mengontrak lima kontestan,” ungkap Jin Young. “Jika ada dua kalimat yang sering kami ucapkan selama audisi adalah ‘Kamu menyanyi dengan baik, tapi kami tidak menerimamu masuk babak selanjutnya’ dan ‘Nyanyianmu buruk, tapi kami menerimamu masuk babak selanjutnya’. Hal paling penting dalam perekrutan adalah tidak memiliki kebiasaan buruk. Para kontestan yang memiliki kebiasaan ini langsung tereliminasi. Meski bisa menyanyi dengan baik, mereka menirukan gaya menyanyi para penyanyi lain.
Memiliki vokal unik yang belum pernah kudengar sebelumnya dan tidak memiliki kebiasaan buruk merupakan dua faktor utama dalam audisi ini. Kami ingin mendengarkan suara baru,” tandasnya. “Jika kalian melihat bagaimana Gus Hiddink (pelatih asal Belanda, red) menaikkan status sepak bola Korea, kalian akan memahami mengapa kami melakukan ini. Dari semua pemain liga sepak bola profesional, Hiddink tidak memilih pemain terbaik — dia memilih pemain yang memiliki potensi terbesar. Sejujurnya, sulit untuk mempertahankan popularitas di industri musik hanya dengan kemampuan vokal. Kami mencari seseorang dengan vokal yang belum pernah dilihat dalam industri ini,” jelas Hyun Suk. Setelah menjalani proses audisi panjang, Hyun Suk, Jin Young, dan BoA bisa merasakan ikatan kebersamaan. Demi mencari bakat-bakat baru, mereka dan pembawa acara Yoon Do Hyun rela bekerja hingga pukul 4 pagi.“Selama konferensi pers terakhir, saya ingat pernah mengaku khawatir karena tidak dekat dengan BoA. Namun setelah beberapa sesi syuting dan jadwal ketat selama 17 jam, saya merasa lebih dekat dengan BoA dan Jin Young,” ucapnya. “Kami tidak banyak berbicara, tapi melihatnya hari ini terasa sangat menyenangkan. Terakhir kali kami bertemu adalah pagi ini,” lanjutnya.


BoA Kenakan Gaun Senilai Rp 340 Juta
Sebagai satu-satunya juri wanita, BoA tampil memukau dengan mengenakan mini dress berwarna hitam dan emas. Ditambah payet dan rumbai mengkilap, salah satu gaun koleksi musim gugur dan musim dingin Balmain ini diperkirakan bernilai US$ 34.000 (Rp 340 juta).Dengan memadukan mini dress dan ankle boots hitam Burberry Prorsum, superstar Asia ini tampak anggun selama konferensi pers. Kabarnya, pelantun tembang Every Heart ini membeli sendiri sepatu tersebut sebagai koleksi. Tentu saja, hak tinggi sepatu boots tersebut membuat kaki BoA terlihat semakin jenjang. Terakhir, dia memilih mengaplikasikan make-up segar dan ringan tanpa penambahan aksesori lain.

CRE: htwww.asiangrup.com
share: KPOPFANSCLUB
post.HanHyuNa@KPOPFANSCLUB

TAKE OUT WITH FULL CREDITS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...